Minggu, 09 Oktober 2011

Tugas Pertemuan 3 : metode riset



Jurnal Ilmiah
Tema : Lembaga Keuangan Mikro

Keberhasilan Peran Lembaga Keuangan Mikro dalam Pembangunan Nasional dilihat dari Berbagai Aspek           

BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar belakang
                   Lembaga Keuangan Mikro adalah lembaga yang menyediakan jasa penyimpanan (deposit), kredit (loan), pembayaran berbagai transaksi jasa (payment services) , serta money transfer yang ditujukan bagi masyarakat miskin dan pengusaha kecil. Dengan demikian LKM  memiliki fungsi sebagai lembaga yang memberikan jasa keuangan bagi masyarakat berpenghasilan rendah serta pengusaha kecil. Atau dengan kata lain LKM adalah lembaga yang umumnya disebut terlibat dalam penyaluran kredit mikro. (ashari,2006). Kredit mikro adalah program pemberian kredit berjumlah kecil kepada warga miskin untuk membiayai program produktif yang ia kerjakan agar menghasilkan pendapatan yang memungkinkan mereka peduli terhadap diri sendiri maupun keluarganya (Microcredit Summit,1997 ;Wijono,2005; Ashari 2006)
Fenomena
                    LKM bukan hanya khusus menjadi lembaga yang menyediakan jasa keuangan jangka pendek. Pembicaraan Kredit Mikro kedalam pembiayaan perumahan mengawali babak baru pemikiran untuk mencoba lembaga keuangan mikro dibawa pada arus pembiayaan jangka menengah panjang yang berbeda dengan tradisi LKM yang hidup dari pembiayaan jangka pendek (Noer Soetrisno,2008)
                   Peranan LKM dalam pembangunan nasional dirasakan belum mencapai hasil yang optimal. Oleh sebab itu LKM terus berusaha meningkatkan peranannya seperti dalam perspektif pembangunan ekonomi pedesaan, mendukung pembangunan perumahan, serta upaya mengentaskan mata rantai kemiskinan.

Riset Terdahulu
            Rachmat Hendayana dan Sjahrul Bustaman ,2007 membahas fenomena LKM dan perspektifnya dalam pembangunan ekonomi pedesaan dengan fokus pada adopsi inovasi pertanian, serta mengungkap faktor-faktor kritis keberhasilan LKM dan menyusun strategi pengembangan LKM ke depan untuk mendukung kegiatan usahatani. Noer Soetrisno,2008 membawa LKM pada pembiayaan perumahan atau mengajak LKM menciptakan produk jasa keuangan yang bernama pembiayaan perumahan. Wiloejo Wiro Wirjono,2005 Menganalisis peranan LKM sebagai sumber pembiayaan UKM dan Menganalisis potensi dan permasalahan LKM yang dapat dijadikan sebagai dasar pengembangan di masa depan, yang memungkinkan menjadi salah satu pilar sistem keuangan nasional.


Motivasi Penelitian
           
            Berdasarkan Implikasi hasil penelitian diatas memperlihatkan berbagai dorongan terhadap wujud eksistensi Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dalam mencapai pembangunan perekonomian nasional semakin menunjukkan perannya dan keberhasilan LKM yang lebih mencapai hasil yang maksimal menjadikan  ini pelu untuk diteliti.


I.2 Perumusan Masalah

            Berdasarkan kondisi tersebut diatas LKM telah banyak melakukan peranannya dalam berbagai bidang seperti di pedesaan (usaha pertanian), pengentasan kemiskinan dan usaha mewujudkan pembiayaan perumahan. Bagaimana pengaruh faktor faktor yang menentukan keberhasilan LKM tersebut dan apakah LKM akan terus berkembang dan mampu memenuhi peranannya

Tujuan

     1. Menganalisis peran keberadaan LKM dilingkungan masyarakat
     2. Menganalisis Keberhasilan LKM dilihat dari berbagai aspek
     3. Menganalisis Faktor Faktor yang menentukan keberhasilan LKM pada berbagai aspek                      tersebut

Sumber:




ALIT  INANTI
16209004
3EA11

 ditugaskan oleh bpk Prihantoro